Hobby Nunda, Jadinya Begini Nih..

Tanpa disadari, banyak dari kita yang hobby banget nunda-nunda, orang bule bilangnya “Procrastinate” .  Kebiasaan buruk ini ya dimulai dari kita kecil.  Jaman SD nunda bikin PR, jaman SMP & SMP nunda belajar, jaman kuliah nunda skipsi.  Kalo dipikir-pikir ya emang kita Cuma rugi waktu.

Nah ketika kita mulai kerja, kita juga sering nunda terutama yang berhubungan dengan keuangan dan membuat rencana keuangan.  Misalnya, udah tau blom kalau dana pension itu harus dibuat dari sejak kita terima gaji pertama.  Nah lho, sekarang kamu dah kerja 5, 10, 15 tahun belum bikin perencanaan dana pension?  Artinya kamu dah kehilangan banyak waktu.

Contoh lain juga dana pendidikan.  Yang udah punya anak, baru punya anak, bahkan lebih bagus sebelum nikah dan punya anak udah bikin dana pendidikan.  Kalau dihitung-hitung efek dari penundaan ini dasyat sekali.

Contoh:

Kalau pension butuh 17M aja, kalo kita punya waktu 25thn, kita cukup invest Rp. 715rb/bln

Nah, kalo ditunda setahun aja, investnya 24thn, naik jadi Rp. 917rb/bln alias naik 200ribu

Kalo ditunda lagi mulai invest 23thn, naik jd Rp. 1,175,000/bln

Itu kalau kita butuh 17M lho, sementara itunganya aslinya kita butuh..

Baca artikel lengkapnya

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*